Milad Jadi Penguat Kedaulatan Bangsa dan Persaudaraan

SOLO- Muhammadiyah tepat berusia 108 tahun pada 18 November 2017. Muhammadiyah didirikan di Yogyakarta pada 18 November 1912 , maka Muhammadiyah Kota Surakarta juga sudah memasuki usia ke-108 tahun. Perjalanan dakwah Muhammadiyah yang sedang memasuki abad keduanya ini, diawali dengan rasa syukur karena hanya Rahmat, Pertolongan dan Hidayah-Nya, sehingga Muhammadiyah tetap berkiprah dalam dakwah Islam, serta adanya kepercayaan dari seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi membangun negeri.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo, dalam rangka kegiatan Milad Muhammadiyah melakukan agenda kegiatan di antaranya adalah Tabligh Akbar berupa Orasi Milad Muhammadiyah dengan tema “Mencerahkan Umat dan Pentingnya Kedewasaan Masyarakat Dalam Berdemokrasi”. Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo mengundang Muhammad Hatta, Anggota DPR RI Komisi 2.

Saat ini, berbagai permasalahan bangsa ini membutuhkan solusi, seperti kesadaran akan pentingnya menentukan pilihan, kesadaran menggunakan hak politik, kesadaran bahwa dengan memilih, mereka ikut berperan dalam menentukan arah dan masa depan bangsa dan negaranya. Dan pentingnya bagaimana sikap untuk menerima hasil dari proses pemilihan nantinya, sehingga momen Milad ini diharapkan menjadi penguat Kedaulatan Bangsa, serta mempererat tali persaudaraan agar keutuhan NKRI tetap dipertahankan.

Mengingat masih sering kita jumpai berbagai aksi kekerasan dan konflik politik dan sosial sehingga dapat memperlemah ketahanan nasional. Muhammadiyah sejak awal berdirinya senantiasa memiliki kepedulian tinggi atas negeri ini, agar berdaulat, mandiri dan sejahtera.

Bagi Muhammadiyah, kedewasaan dalam berdemokrasi merupakan bagian dari kegiatan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, sehingga dengan kehadiran Muhammad Hatta dalam memberikan orasi Milad Muhammadiyah ini semakin meyakinkan bahwa Muhammadiyah selalu   komitmen dalam menjaga kedewasaan dalam berdemokrasi, sehingga ketatnya persaingan tidak akan menimbulkan konflik horizontal yang pastinya dapat merugikan bangsa dan rakyat Indonesia itu sendiri.

“Dengan adanya Milad Muhammadiyah ini, semoga perjalanan bangsa ini semakin lebih baik untuk kejayaan, kemakmuran, kedamaian dan kesejahteraan. Dan gerakan Muhammadiyah semoga semakin kokoh dalam menyinari negeri dengan dakwah Islam. “ucap Muhammad Hatta. # Kiki DS