• Home »
  • Berita »
  • Mohammad Hatta Minta Pemkab Klaten Cepat Tanggap Atasi Dampak Banjir

Mohammad Hatta Minta Pemkab Klaten Cepat Tanggap Atasi Dampak Banjir

Hujan deras yang melanda Kabupaten Klaten sejak Selasa (28/11/2017) lalu mengakibatkan sejumlah sungai meluap. Luapan sungai tersebut menggenangi lahan persawahan dan masuk ke pemukiman warga. Ada enam kecamatan yang terdampak banjir, yakni Kecamatan Prambanan, Gantiwarno, Wedi, Bayat, Cawas dan Trucuk.

Dampak banjir yang dialami warga di sejumlah wilayah ini mengundang kepedulian banyak pihak. Salah satunya dari Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Mohammad Hatta.

Bersama sejumlah pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Klaten, Mohammad Hatta meninjau langsung warga terdampak banjir di Dukuh Jiwo Kulon, Desa Trotok, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten pada Kamis (30/11/2017).

Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng V ini pun terjun langsung ke lokasi terdampak banjir untuk menyapa warga dan mendengarkan keluhan mereka. Bahkan, Hatta mencoba menaiki gethek dari bambu untuk melihat areal persawahan yang terendam banjir dari dekat. Ia juga memberikan sekadar bantuan logistik kepada warga.   

Di sela-sela peninjauan, Mohammad Hatta menyampaikan keprihatinannya atas terjadinya bencana banjir di Kabupaten Klaten ini.

“Saya ikut prihatin atas peristiwa banjir ini. Karena tahun ini, sepertinya banjirnya special. Hal ini karena pertama, diakibatkan cuaca yang kurang baik, sehingga curah hujannya luar biasa. Dan kedua, karena bangunan (tanggul sungai) yang kurang kokoh,” ujar Hatta.

Karena itu, Anggota Komisi II DPR RI ini meminta Pemkab Klaten untuk cepat tanggap mengatasi dampak dari banjir ini.

“Pemkab harus cepat tangggap. Warga (terdampak banjir) harus segara diberikan solusi. Jangan sampai masyarakat dirugikan (karena bencana banjir ini). Maka, Pemkab harus memberikan ganti rugi (kepada petani yang baru saja menanam padi misalnya). Anggaran itu bisa diambilkan dari pos bencana alam. Karena bencana alam itu khan force majour,” ungkapnya.

Anggota DPR RI dua periode ini menyatakan, Pemkab Klaten harus mencari solusi untuk mengatasi bencana banjir. Apalagi, Klaten termasuk daerah yang laten akan bencana banjir. Ini karena setiap tahunnya di Klaten selalu terjadi banjir.

“Harus ada solusi (untuk mengatasi bencana banjir). Dan solusi itu bisa kita bicarakan. Kami selaku anggota DPR RI siap membantu. Apalagi Kabupaten Klaten ini termasuk daerah pemilihan (Dapil) kami. Maka kami berkewajiban untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dari Dapil ini,” tandasnya.

Sementara itu, Slamet, warga Dukuh Jiwo Kulon, Desa Trotok, merasa senang atas kunjungan Mohammad Hatta dan pengurus PPDI Kabupaten Klaten ini. “Saya senang karena ada anggota DPR yang mau mengunjungi tempat ini. Ya, seperti inilah kondisinya. Semoga Pemerintah dapat memberikan solusi,” harapnya.(carakanews/klaten)